Lebih Dari Sekedar Tips

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara - Kanker payudara memang salah satu penyakit yang mematikan, jika tidak sampai merenggut nyawa maka si penderita harus sembuh dengan kehilangan payudaranya, karena diangkat sebagai upaya pencegahan agar sel kanker tidak menjalar ke bagian tubuh yang lainnya. Kanker payudara juga penyakit yang menyerang 9 – 10% wanita di dunia. Banyak jiwa yang tidak terselamatkan karena ganasnya penyakit ini.

Masalah banyaknya jumlah penderita yang meninggal dan semakin meningkat tiap tahunnya adalah karena belum ada obat yang benar-benar ampuh untuk membunuh sel kanker payudara tersebut. selain itu, banyaknya wanita yang belum mengerti bagaimana cara mengenali kanker payudara sejak dini, sebab dibanyak kasus, sel kanker payudara ini selalu baru terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. (baca juga : Mengenal Penyebab Kanker Payudara)

Untuk itu, kali ini akan dibahas bagaimana cara pencegahan kanker payudara. Hal yang paling mudah untuk mencegah kanker payudara adalah dengan cara melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Pemerintah sempat mengkampanyekan program SADARI ini yang kemudian banyak dilanjutkan oleh organisasi-organisasi yang peduli terhadap penyakit kanker payudara. Berikut adalah cara melakukan SADARI:

Cara Mencegah Kanker Payudara


1. Amati

Lakukan pemeriksaan dengan berdiri di depan kaca, lengan terletak di samping badan. Perhatikan bentuk dan ukuran payudara. Jika ukuran satu dengan yang lainnya tidak sama, hal itu adalah hal yang normal. Kemudian, perhatikan juga bentuk putting dan warna kulit. Lakukan hal yang sama dengan posisi tangan yang berbeda-beda (kedua tangan diangkat, tangan diletakkan di pinggang, atau badan sedikit membungkuk). Lakukan hal ini waktu mandi atau sedang bercermin sehingga Anda dapat mengenali bentuk payudara Anda.

2. Rasakan

Berbaring dengan bantal di bawah pundak kiri. Letakkan tangan kanan di belakang kepala membentuk sudut 90 derajat. Gunakan 3 jari tangan kiri Anda untuk merasakan benjolan atau penebalan kulit pada payudara. Tekan dengan baik payudara Anda. Pelajari bagaimana rasa payudara Anda pada biasanya.

Sejauh ini memang belum ada obat yang ampuh untuk membunuh sel kanker pada payudara, namun berbagai macam penemuan untuk membantu mengatasi mengangkat sel kanker payudara telah diaplikasikan dalam dunia kedokteran, berikut adalah beberapa cara mengatasi kanker payudara dalam dunia medis:

1. Radioterapi, pengobatan pada payudara dan daerah ketiak yang dilakukan dengan memberikan serangkaian radiasi berdosis ringan untuk membunuh sel kanker. Radiasi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa sel kanker yang tersisa pasca operasi.

2. Kemoterapi (chemotherapy), pengobatan dengan obat-obatan anti kanker untuk mencegah pembiakan sel-sel kanker. Bisa dilakukan terpisah ataupun disertai dengan bedah atau radioterapi. Namun, kemoterapi memiliki efek samping berupa rasa mual, rambut rontok dan kehilangan tenaga.

3. Terapi hormon, ini adalah upaya pencegahan hormone estrogen memperparah sel kanker yang ada, dengan cara menyeimbangkan hormon. Seperti diketahui, hormon esterogen merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab terhadap risiko terjadinya kanker payudara. Pada terapi hormon terdapat beberapa golongan obat yang digunakan, antara lain adalah golongan antiesterogen, salah satunya adalah tamoksifen.

4. Terapi antibodi monoklonal (Monoclonal Antibody drug), terapi inovasi baru untuk mengatasi kanker dengan meningkatkan imunitas tubuh untuk mengatasi perkembangan sel kanker. Obat-obatan golongan antibodi monoklonal, seperti Rituximab membuat sel kanker akan lebih dikenali oleh sistem imun, sedangkan Cetuximab bekerja menghambat ikatan antara growth factor dengan reseptor pada sel. Selain itu, kombinasi obat antibodi monoklonal dengan partikel radioaktif (terapi radiasi) dapat menghantarkan radiasi langsung tepat sasaran pada sel kanker. Hal ini digunakan untuk memastikan radiasi tersebut tidak merusak sel yang sehat.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara mencegah dan mengatasi kanker payudara yang selama ini sudah berkembang dalam dunia medis. Semoga bermanfaat!
0 Komentar untuk "Cara Mencegah Kanker Payudara"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top