Lebih Dari Sekedar Tips

Cara Mengatasi Insomnia Agar Mudah Tidur

Cara Mengatasi Insomnia Agar Mudah Tidur - Tidur mungkin adalah perkara yang mudah dilakukan oleh banyak orang, hanya butuh tempat, apalagi tempatnya membuat nyaman. Kapan pun, dimana pun itu mungkin bisa saja tidur. Namun, itu jika orang tersebut tidak mengalami gangguan dalam masalah tidur. Hal ini akan lain kasusnya jika dialami oleh orang yang mengalami gangguan sulit tidur atau lebih dikenal sebagai insomnia. Mereka akan sulit untuk tidur hingga terjaga semalaman. Walaupun tempatnya nyaman, ber-AC, bersih, rapi, waktu yang luang, dan hal-hal memadai lainnya. Tetap saja, bagi orang yang mengalami insomnia, hal tersebut tidak akan terlalu berarti, sebab dia akan tetap merasa kesulitan untuk tidur. (baca : Mengenal Insomnia)

Cara Mengatasi Insomnia Agar Mudah Tidur
Walau pun terlihat seperti hal yang ringan atau sepele, namun insomnia atau jelasnya gangguan sulit tidur tidak bisa dianggap remeh. Jika mengalami gejala ini, usahakan anda segera mencari cara mengatasinya karena jika dibiarkan dan dialami terus menerus, maka akan mempengaruhi kesehatan dan kinerja tubuh. Hindari mengkonsumsi obat tidur jika tidak menggunakan resep dokter atau tidak berdasarkan atas anjuran dokter, sebab hal itu juga dapat membahayakan kesehatan.

Insomnia memang bukanlah penyakit, namun perlu juga diwaspadai sebab dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, bahkan membahayakannya. Oleh karena itu, jika mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia ini harus segera dicarikan solusinya. Sejumlah tips dan kiat-kiat ringan mengatasi masalah gangguan tidur bertebaran di internet, obat-obatan medis maupun herbal banyak di iklankan, hingga berbagai macam terapi mengatasi sulit tidur pun banyak ditawarkan. Jadi, bagi yang mengalami sulit tidur atau insomnia tidak perlu khawatir.

Berikut ini juga adalah sebuah ramuan herbal yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia atau gangguan sulit tidur. Silahkan disimak!

Cara Mengatasi Insomnia pertama :
  • - Sediakan 3 gram jinten hitam 
  • - 5 gram ketumbar 
  • - 10 gram daun pegagan 
  • - 50 gram daun kangkung 
  • - Air secukupnya 
  • - Tumbuklah jinten hitam dan ketumbar hingga halus 
  • - Rebuslah semua bahan tadi (jinten hitam, ketumbar, daun pegagan dan daun kangkung) hingga masak 
  • - Saringlah rebusan tadi hingga tersisa airnya saja 
  • - Minumlah air rebusan yang telah disaring 
  • - Lakukan berulang-ulang hingga terasa ada perubahan dan insomnia berkurang 
Cara Mengatasi Insomnia Kedua :

Atau jika merasa terlalu repot untuk membuat ramuan tersebut, anda bisa melakukan tips sederhana yang satu ini:

- Sediakanlah biji buah pala yang masih segar, kemudian kupas kulit tipisnya atau kulit ari biji pala tersebut. tempelkanlah kulit tersebut diatas mata atau diatas pelipis sebelum tidur atau ketika ingin tidur. Beberapa saat setelah kulit biji pala tersebut ditempelkan anda pasti akan merasa mengantuk dan tertidur nyenyak

- Jika tidak ada biji pala, maka bisa diganti dengan biji kapulaga. Hancurkan hingga lembut biji kapulaga, kemudia tempelkan pada daerah pelipis ketika akan tidur atau ketika ingin tidur, beberapa saat telah itu anda akan diserang rasa kantuk dan akan tertidur pulas. 

Demikianlah cara mengatasi insomnia menggunakan ramuan herbal atau tips-tips berbahan herbal. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat!
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Insomnia Agar Mudah Tidur"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top