Lebih Dari Sekedar Tips

6 Cara Mencegah Insomnia Agar Cepat Tidur

Cara Mencegah Insomnia Agar Mudah Tidur - Tidak dapat dipungkiri memang, bahwa insomnia dialami banyak orang bahkan sudah menjadi semacam kebiasan atau hobi mungkin. Apalagi bagi orang-orang yang bekerja pada waktu malam hari, yang menuntut dan memaksa untuk tidak tidur semalaman. Hal ini mungkin menjadi sesuatu yang biasa bagi banyak orang, tapi perlu diingat, bahwa insomnia juga cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apalagi orang yang tidur lebih sedikit pada waktu malam hari akan mudah terganggu ingatannya dan akan lebih sulit berfikir jernih serta berkonsentrasi.

Namun, jika anda pengidap insomnia dan anda masih bernafas hingga hari ini, maka anda belum terlambat untuk mengubah kebiasaan tersebut. Jika anda ingin menghindari kebiasaan insomnia, maka anda harus melakukan hal-hal dibawah ini sebagai upaya pencegahan insomnia, silahkan disimak!

Cara Mencegah Insomnia Agar Cepat Tidur

Cara Mencegah Insomnia

1. Matikan lampu ketika akan tidur

Cahaya lampu pada saat tidur akan mempengaruhi produksi dari hormone melatonin. Cahaya yang terang ketika tidur akan menghambat proses produksinya dan tidak ada cahaya akan mendorong proses produksinya. Jadi, matikanlah lampu, TV, PC atau laptop anda ketika akan tidur, hal ini juga akan menjadi kode bagi tubuh bahwa sudah waktunya untuk tidur secara otomatis.2. Jangan terlalu sering melirik jam

Hindari untuk terus menerus melirik jam, sebab ini akan membuat anda resah dengan sendirinya, anda akan selalu merasa khawatir dan anda akan kehilangan selera untuk tidur. Jadi mulailah untuk tidak terlalu sering melirik jam ketika ingin tidur.

3. Hindari mengkonsumsi kafein sebelum tidur

Hindari mengkonsumsi apapun yang mengandung kafein ketika menjelang tidur, seperti kopi, cokelat, teh, minuman cola, rokok dan makan atau minuman lainnya yang mengandung kafein. Beberapa obat-obatan seperti obat penurun berat badan juga mengandung kafein, jadi hindarilah. Lebih baik lagi jika anda tidak mengkonsumsinya 9 jam sebelum waktu tidur.

4. Buat jadwal tidur

Aturlah jadwal waktu tidur dan bangun tidur anda setiap harinya, termasuk ketika waktu libur dan akhir pekan. Rutinitas tersebut jika dilakukan secara berulang-ulang, maka akan membuat otak dan tubuh anda membuat siklus tidurnya sendiri secara alami. Hasilnya, anda akan mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas.

5. Olahraga teratur

Olahraga yang teratur terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama anda tidak melakukan olahraga tersebut tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Lebih baik jika anda menghindari kegiatan olahraga 3 – 4 jam sebelum waktu tidur. Karena jarak yang terlalu dekat dengan waktu tidur, akan membuat kondisi tubuh anda segar dan tetap terjaga, sehingga anda akan kesulitan tidur jika terlalu dekat waktunya. Adapun olahraga seperti Tai Chi atau Yoga boleh anda lakukan menjelang tidur sebagai bentuk relaksasi sebelum tidur, hal ini akan membantu anda lebih tenang ketika tidur.

6. Hindari suara-suara yang menganggu

Suara-suara yang terdengar dan tidak berirama akan membuat tidur anda terganggung dan menghabiskan waktu tidur anda. Selain itu anda juga akan banyak kehilangan tenaga ketika tidur. Sebab anda akan melawan gangguan suara tersebut agar anda tetap tidur, secara sadar atau pun tidak. Biasanya anda dapat merasakan hal tersebut ketika anda merasa lelah dan tidka bersemangat saat bangun tidur.

Itulah hal-hal yang harus anda lakukan agar dapat mencegah insomnia menyerang anda lagi. Semoga bermanfaat! (baca juga : Cara Mengatasi Insomnia Agar Mudah Tidur)
0 Komentar untuk "6 Cara Mencegah Insomnia Agar Cepat Tidur"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top