Lebih Dari Sekedar Tips

Mengenal Jilbab, Hijab Dan Fungsinya

Mengenal Jilbab , Hijab Dan Fungsinya - Akhir-akhir ini dunia fashion diramaikan dengan tren jilbab/hijab bagi kaum perempuan, banyak para wanita yang tadinya tidak menggunakan jilbab/hijab kemudian menggunakannya. Tren ini kemudian banyak merubah cara berpakaian para wanita, baik remaja, ibu rumah tangga hingga para artis ibu kota. Tentu hal ini adalah pengaruh yang positif, hanya saja banyak para wanita yang masih beranggapan bahwa jilbab dan hijab adalah istilah yang sama. Padahal, kenyataannya adalah istilah hijab dan jilbab adalah 2 istiliah yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama.

Jilbab dan hijab adalah istilah serapan dari bahasa Arab yang memiliki arti berbeda. Jilbab (Arab: جلباب ) adalah pakaian terusan panjang wanita muslim yang menutupi seluruh badan kecuali tangan dan wajah. Pakaian ini digunakan sejak zaman dahulu di tanah Arab sebagai pemenuhan tuntunan syariat dimana seorang muslimah harus menutup auratnya. Muhammad Nashiruddin al Bany berpendapat bahwa kriteria jilbab yang benar adalah harus menutupi seluruh badan kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Jilbab bukan perhiasan, tidak berbahan tipis, tidak ketat sehingga tidak menampakkan bentuk tubuh, tidak disemprot parfum, tidak menyerupai pakaian wanita kafir dan bukan untuk mencari popularitas.

Sedangkan yang istilah hijab (حجاب) berarti penghalang atau penutup. Pada banyak negara termasuk negara-negara barat dan Indonesia, istilah hijab populer digunakan sebagai kata yang merujuk pada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Padahal, dalam agama Islam itu sendiri hijab berarti merujuk pada tatacara berpakaian yang menutupi aurat sesuai dengan tuntunan syari’at, sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an Surat An-Nur ayat 31 dan Al-Ahzab ayat 59.
Mengenal Jilbab, Hijab Dan Fungsinya

Aturan-aturan dalam menutup aurat atau berhijab yang baik dan benar sudah jelas dipaparkan dalam kedua ayat tersebut, namun sayangnya banyak para wanita modern yang tidak ingin terlihat ketinggalan zaman atau terlihat lebih modis sering mengacuhkan aturan-aturan berhijab atau menutup aurat yang baik dan benar. Padahal, untuk terlihat modis dan fashionable di era modern sekarang ini tidak perlu sampai mengacuhkan aturan-aturan berhijab yang ada, sebab hal itu kembali lagi kepada pribadi wanitanya, mampu berkreasi dan menjaga penampilannya atau tidak.

Hijab ternyata memiliki banyak fungsi yang membawa manfaat Jilbab, Hijab bagi si pemakainya, diantaranya adalah:

1. Sebagai penutup aurat, menutup setiap lekuk tubuh, membuat terlihat lebih sopan dan terjaga dari pandangan liar orang-orang disekitar.

2. Menjaga kulit tubuh dari radiasi sinar matahari, sebab jika kulit tubuh terlalu sering dan terlalu lama dibawah sinar matahari, maka akan menyebabkan masalah pada kulit tubuh.

3. Melindungi tubuh dari udara panas, banyak para ahli kesehatan yang sering mengajurkan orang yang keluar rumah ketika udara panas untuk melindungi diri dari sengatan matahari dan hijab mampu jadi pelindung tubuh.

4. Menghangatkan tubuh ketika udara dingin, tubuh akan mudah terserang flu, demam, dan serangan lainnya karena udara dingin, dan hijab mampu melindungi tubuh si pemakainya sebagai penghangat tubuh.

5. Higienis, ketika melakukan pekerjaan terutama dengan hal-hal yang penting seperti makanan dan obat-obatan hijab akan sangat membantu kehigienisan. Makanya banyak dokter, pramusaji, dan pekerjaan lainnya mengahruskan para pekerjanya menggunakan penutup kepala agar tidak ada kotoran yang jatuh dari rambut atau tidak membuat rambut kotoran dari pekerjaan menempel pada rambut.

Itulah makna dari hijab Jilbab dan fungsinya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat!
Tag : Fashion
1 Komentar untuk "Mengenal Jilbab, Hijab Dan Fungsinya"

urban titanium aluminum - ITanium Art
Urban ridge wallet titanium titanium aluminum - titanium spork ITanium Art · titanium blue #1. titanium dioxide skincare T.G.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T.A.T. garmin fenix 6x pro solar titanium

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top