Lebih Dari Sekedar Tips

4 Cara Mengenali Dan Menyikapi Orang Pemalu

4 Cara Mengenali Dan Menyikapi Orang Pemalu - Punya teman, keluarga atau kenalan disekitarmu yang memiliki karakter pemalu? Bingung cara mengahadapi atau menyikapinya bagaimana? Tidak usah khawatir, kamu hanya harus bersabar sedikit menghadapi orang dengan karakter pemalu. Butuh waktu untuk mendekatinya, mengenalnya lebih jauh dan mengakrabi orang dengan karakter pemalu tersebut. sebab sikapnya pemalunya tersebut membuat dirinya lebih tertutup ketimbang orang lain, apalagi dengan orang yang baru dikenalnya.

Sifat atau karakter pribadi yang pemalu memang sering diberi label negative oleh banyak orang. Padahal, tidak perlu seperti itu, sebab sebenarnya orang-orang pemalu tidak pernah sengaja membuat dirinya jauh dari orang lain atau lebih tertutup pada orang lain. Selain itu, bisa saja seseorang menjadi pemalu karena pernah punya pengalaman buruk atau efek traumatik dimasa lalunya. Jadi, kita juga harus berhati-hati mengahadapi orang yang memiliki kepribadian pemalu.

Cara Mengenali Dan Menyikapi Orang Pemalu

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara mengenali dan menyikapi orang dengan sikap pemalu, biar kamu bisa lebih mudah berinteraksi dengan orang-orang seperti ini. Simak ya!

1. Selalu tidak nyaman dalam keramaian

Selalu tidak nyaman dalam keramaian

Seorang pemalu selalu merasa tidak nyaman atau risih jika berada diantara keramaian. Mereka kurang suka acara kumpul-kumpul bersama banyak orang. Kalau pun seorang pemalu ikut berkumpul, biasanya dia akan terlihat paling diam diantara banyak orang atau hanya sekedar ikut-ikutan senyum ketika ada yang bercerita atau menyapanya. Cara mengatasinya seorang pemalu dalam situasi seperti ini adalah dekati dan ajak bicara, berikan dia pertanyaan yang mengharuskan dia bercerita banyak hal, tentang apa pun itu. Usahakan selalu ada topic untuk dibicarakan bersamanya, meski hanya kamu yang berbicara padanya dan mendengarkan ceritanya. Dia akan sangat merasa senang, sebab seorang pemalu juga sebenarnya ingin seperti kebanyakan orang yang mampu bercerita banyak hal kepada orang disekitarnya.

2. Seorang pemalu selalu menjadi pendengar

Seorang pemalu selalu menjadi pendengar

Jika disekitarmu ada seseorang dengan kepribadian pemalu, dia pasti akan memilih selalu menjadi pendengar yang baik dan menyimak apa yang dibicarakan oleh temannya. Karakter pemalunya telah merubah pribadinya menjadi seseorang yang sangat tertutup, dia akan selalu merasa takut dan malu untuk menceritakana tentang dirinya atau tentang masalah yang dia miliki. Cara menyikapinya adalah seperti pada bagian pertama, buat dia bercerita, berikan dia pertanyaan yang mengharuskan dia menjelaskan atau bercerita panjang lebar. Jadi, buat dia sesekali menjadi seseorang yang didengarkan olehmu dan kamu menjadi pendengarnya yang baik.

3. Terlalu banyak mikir

Terlalu banyak mikir

Seseorang yang pemalu akan selalu banyak mempertimbangkan segala sesuatu, tertutama ketika dia akan berbicara atau akan bertindak. Karena sifat malunya, dia akan selalu merasa takut untuk memulai pembicaraan atau memulai suatu tindakan, dia takut dirinya akan ditertawakan, diejek, atau hal-hal negative lain yang selalu menghantui fikirannya. Hal itulah yang kemudian membuat dia selalu menjadi pribadi pendiam dan pemalu. Cara menyikapinya adalah berikan dia kesempatan untuk memulai berbicara atau bertindak, kesalahan apa pun yang dilakukannya jangan langsung ditertawakan dan jadi bahan ejekan. Biarkan saja, dan ingatkan nanti ketika kamu berbicara dengannya hanya berdua saja. dengan demikian dia tidak akan merasa dipermalukan.

4. Jangan memaksanya

Jangan memaksanya


Setiap orang juga tentu tidak suka jika dipaksa untuk melakukan sesuatu. Begitu pula dengan seseorang yang pendiam dan pemalu, dia tidak suka dipaksa bahkan hanya sekedar untu berbicara, bertanya atau menjawab. Jangan pernah memaksa orang yang pendiam dan pemalu, sebab dia akan merasa tertekan ketika dia dipaksa, jika dia tidak mengikuti apa yang dipaksakan, dia akan merasa malu atau merasa dipermalukan karena dia tidak mampu melakukan apa yang diminta. Cara menyikapinya adalah cukup bujuk perlahan-lahan, segalanya butuh proses, butuh waktu untuk berubah. Begitu pun dengan seseorang yang pemalu dia butuh waktu dan proses untuk mengumpulkan keberanian melakukan apa yang diminta.

Mengenali Dan Menyikapi Orang Pemalu

Nah, demikianlah cara mengenali dan cara menyikapi orang-orang dengan karakter atau kepribadian pemalu. Semoga bermanfaat!
Tag : Hubungan
0 Komentar untuk "4 Cara Mengenali Dan Menyikapi Orang Pemalu"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top