Lebih Dari Sekedar Tips

Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan

Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan - Sedih, senang, kecewa, marah, malu dan lain-lain adalah bagian dari emosi. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Emosi memiliki arti sebagai luapan perasaan yang berkembang dan surut dalam waktu singkat. Menurut Carole Wade dan Carol Travis, emosi ini ibarat jantung dan jiwa manusia. Jika seseorang tidak punya emosi dia hidup seperti boneka, tanpa ekspresi dan tidak dapat merasakan kehidupan.

Setiap manusia pasti memiliki emosi dan bisa merasakan emosi, tapi tidak banyak orang yang bisa membaca emosi apa yang sedang dirasakan oleh orang lain, seperti kita yang terkadang tidak bisa membaca emosi pasangan kita. jika kita salah menafsirkan atau salah dalam bersikap ketika menghadapi pasangan kita yang sedang menyembunyikan emosinya, maka tentu akan menjadi masalah yang fatal akibatnya. Jadi, kita harus pintar membaca emosi yang sedang dirasakan pasangan kita, agar dia tidak perlu menjelaskan apa yang sedang dia rasakan. Jika kita mudah memahami emosi yang sedang dia rasakan, maka kita akan menjadi pasangan yang terbaik baginya.

Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan

Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan


Nah, lalu bagaimana cara kita agar mudah mengetahui atau membaca emosi pasangan kita? cara membaca emosi pasanganmu adalah dengan cara membaca sifat ekternal yang muncul dari ekspresi pasanganmu, ekspresi itu diantaranya adalah: 

1. Raut Wajah

Raut wajah yang muncul walau hanya sekilas pasti akan menggambarkan suasana hati atau emosi yang sedang dirasakan oleh orang tersebut dan sifat raut wajah ini adalah sifat yang universal. misalnya, wajah orang yang sedang sedih memiliki ekspresi wajah yang lesu, sayu, jika tersenyum cenderung terlihat terpaksa dan ekspresi sendu lainnya. Nah, ekspresi wajah tersebut akan sama dengan ekspresi sedih semua orang diseluruh dunia, inilah kenapa raut wajah dikatakan memiliki sifat yang universal.

2. Vokal

Vokal berarti termasuk suara, intonasi, gaya bicara tempo bicara dan hal lain yang berhubungan dengan sesuatu yang diucapkan menggunakan suara yang dikeluarkan dari tenggorokan. Orang yang sedih biasanya memiliki vokal yang tidak lancer dan terbata-bata, sementara orang yang marah nada suaranya akan meninggi dan lain sebagainya.

3. Perubahan Fisiologis

Perubahan ini agak sedikit sulit untuk terbaca, sebab perubahan fisiologis lebih mudah untuk dirasakan dibandingkan dengan dibaca. Tapi, jika kita jeli, kita bisa membacanya kok. perubahan fisiologis terjadi karena perubahan saraf dan hormon yang berbeda-beda yang muncul dalam tubuh, hormone tersebut tergantung pada emosi apa yang sedang dirasakan. Perubahan hormone tersebut bisa kit abaca dari pupil mata yang melebar, keringat yang muncul, tubuh bergetar, tubuh menjadi dingin, bagian wajah memanas, gugup, dan lain-lain.

4. Bahasa Tubuh

Bahasa tubuh atau gerak tubuh adalah hal yang paling mudah untuk dibaca sebagai isyarat dari apa yang sedang dirasakan oleh orang tersebut. Misalnya, jika sedang sedih seseorang lebih memilih banyak diam, menghindar dan menyendiri. Emosi yang lain juga akan menciptakan bahasa tubuh yang berbeda.

Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan

Jika kita sudah bisa membaca emosi apa yang sedang dirasakan oleh pasangan kita melalui 4 cara tadi, maka kita akan lebih mudah dalam menyikapinya, sehingga hal ini akan meminimalisir konflik diantara kalian.
Tag : Hubungan
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui dan Mengenali Emosi Pasangan"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top