Lebih Dari Sekedar Tips

Kelebihan Yang Dimiliki Seorang Backpacker

Kelebihan Yang Dimiliki Seorang Backpacker - Segala sesuatu yang ada di dunia ini tentu memiliki kurang dan lebihnya. Termasuk seorang Backpacker. What? Backpacker? Apa sih yang disebut backpacker itu? Dari beberapa referensi yang membahas tentang masalah backpacker maka dapat diambil kesimpulan bahwa dalam definisi secara bebasnya backpacker adalah seseorang yang melakukan perjalanan wisata dengan konsep melakukan perjalanan sejauh-jauhnya, melakukan aktivitas sebanyak-banyaknya dengan pengeluaran biaya semurah-murahnya. Biasanya seorang backpacker jarang melakukan perjalanan secara bergerombol, mereka akan lebih memilih melakukan perjalanan sendirian atau tidak lebih dari 5 orang, sebab perjalanan bergerombol tentu akan membuat mereka harus mengeluarkan biaya lebih.

Kebiasaan melakukan kegiatan backpacker ini sudah ada sejak berabad-abad lamanya. Banyak orang-orang terdahulu melakukan perjalanan jauh bahkan keliling dunia hanya dengan menumpang kapal, yup! Menumpang dari satu kapal ke kapal yang lain, dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain. Untuk bisa hidup di kapal selama berbulan-bulan mereka biasanya rela menjadi ABK dadakan (Anak Buah Kapal) dengan demikian mereka bisa mendapatkan jatah makan gratis selama tinggal di kapal. Keren kan? Modal jadi ABK tapi bisa keliling dunia.

Dalam perkembangannya, kegiatan diatas menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk melakukan perjalanan dengan pengalaman yang luar biasa namun tidak mengeluarkan banyak biaya. Nah, itu dia yang sekarang kita kenal dengan Backpacker. Mereka selalu melakukan perjalanan yang anti mainstream. Saat ini backpacker juga banyak diminati dan dijadikan sebagai hobi bagi para pecinta petualangan dan pecinta alam.

Backpacker juga sebenarnya bisa menjadi profesi dan bisa menghasilkan uang lho, kok bisa? Bisa dong, seorang backpacker yang sudah melakukan perjalanan bisa menuliskan pengalaman perjalanannya ketika menuju satu destinasi wisata dengan pengeluaran yang minim. Mereka bisa menuliskannya dalam bentuk artikel lalu mengirimkannya ke majalah, Koran atau blog wisata. Tentu artikel seperti itu sangat bermanfaat dan banyak diminati, sebab seseorang yang akan melakukan perjalanan pasti akan mencari referensi perjalanan yang mengeluarkan biaya minim, seperti: penginapan yang murah, tempat makan enak tapi murah, alternatif transportasi yang murah, dan lain-lain. Bahkan para backpacker bisa saja menuliskan pengalaman unik mereka menjadi sebuah buku, entah itu bergenre novel, cerpen, atau kumpulan tulisan lainnya. Kalau dicetak kemudia dijual tentu dapat menghasilkan uang yang tidak sedikit. Mantap!

Kelebihan Yang Dimiliki Seorang Backpacker

Kelebihan Yang Dimiliki Seorang Backpacker

Nah, kelebihan seorang backpacker itu tidak hanya dia bisa menjadikan hobinya sebagai profesi atau kegiatan yang nantinya dapat menghasilkan uang saja, tapi ada beberapa kelebihan lain yang sadar atau tidak bahwa hal tersebut dimiliki oleh hampir seluruh backpacker. Mau tahu kelebihan mereka apa? Ini dia beberapa kelebihannya:

1. Lebih menghargai hidup
Pengalaman mereka selama melakukan perjalanan menuju satu destinasi wisata dengan cara yang sederhana seperti, naik ojeg, turun naik angkot, kereta, becak, andong, atau bahkan menumpang gerobak padi milik pak tani yang ditarik oleh kerbau. Membuat mereka menjadi pribadi yang mampu lebih menghargai hidup, sebab dengan cara demikian mereka akan lebih sering berinteraksi dengan orang-orang ‘kecil’.

2. Nggak gampang jenuh
Para backpacker tidak akan mudah merasa jenuh, sebab setiap saat dan setiap waktunya pasti akan ada pengalaman baru yang mereka alami selama melakukan perjalanan. Pengalaman naik angkot yang sesak, panas, dan harus duduk berhimpit-himpit di dalam mobil yang sempit tentu akan berbeda dengan pengalamannya ketika naik andong terasa luas, terbuka dan harus akrab dengan bau kotoran kudanya. Kalau begini, bagaimana bisa merasa jenuh?

3. Tidak hedonis
Orang yang sering melakukan perjalanan ala backpacker biasanya anti hedonisme, mereka merasa bahwa bersenang-senang tidak perlu dengan menghambur-hamburkan uang. Ketika banyak orang berbondong-bondong membeli gadget keluaran terbaru, seorang backpacker akan lebih senang mengeluarkan uangnya untuk melakukan perjalanan menuju destinasi wisata yang baru, daripada ikut membeli gadget baru, toh… gadget itu mungkin tidak akan terlalu berguna jika dia melakukan perjalan ke daerah pedalaman atau pegunungan. Belum tentu disana akan dapat sinyal apalagi internetan, haha… 

4. Tipikal orang yang unik
Biasanya seorang backpacker adalah orang yang memiliki karakter pribadi yang unik. Dia adalah orang yang bebas, tidak mau berada dalam tekanan orang lain, dan orang mampu mengekspresikan dirinya dengan cara yang tidak biasa. Seperti perjalanan anti mainstream yang sering dia lakukan. Begitulah pribadinya, seorang petualang! Tapi bukan petualang cinta, lho… seorang backpacker biasanya orang yang setia, sebab dia selalu konsisten dengan prinsip backpackernya yang sederhana dan apa adanya.

5. Siap hidup susah
Seorang backpacker pasti siap hidup susah, karena dia sudah melahap banyak pengalaman dari perjalanan yang dia lakukan, kesusahan-kesusahan perjalanan dalam hidup itu seperti sudah akrab dengannya, dan mereka tidak hanya siap menghadapi hidup susah tapi juga siap menyikapinya.

6. Berpengatahuan luas
Pasti, seorang backpacker akan memiliki pengetahuan yang luas secara sadar atau tidak. Bukan hanya dari pengalamannya selama melakukan perjalanan tapi karena dia harus jeli dan tentu pintar-pintar mencari referensi sebelum melakukan perjalanan yang dia tempuh. Dia harus mengenal rute yang akan ditempuh, persiapan apa saja yang harus dilakukan, alokasi budget dan lain-lain.

7. Seseorang yang mandiri
Tentu saja seorang backpacker adalah orang yang mandiri, sebab dia harus terbiasa dan sudah terbiasa untuk tidak bergantung pada orang lain. Dia akan berusaha dengan segala kemampuannya untuk bisa mencapai destinasi wisata yang dia tuju.

8. Mudah beradaptasi
Karena pengalaman interaksinya yang berubah-ubah dengan orang-orang yang berbeda setiap saat, dia akan tampil menjadi orang yang mudah beradaptasi. Bukan hanya dengan orang sekitar, tapi juga dengan situasi, kondisi dan lingkungan alam yang ada.

9. Lebih menghargai uang
Orang yang melakukan perjalanan ala backpacker akan sangat menekan budget dalam melakukan perjalanannya, sebab itulah intinya. Melakukan perjalanan sejauh-jauhnya dengan budget seminim-minimnya.

10. Orang yang setia
Seperti yang sudah di singgung diatas, bahwa seorang backpacker adalah tipikal orang yang setia. Walau pun dia suka berpetualang tapi dia tidak berpetualang dalam hal cinta. Menurut mereka cinta adalah yang bersifat prinsipil dan mereka adalah tipikal orang yang selalu berpegang teguh pada prinsip. Jika tidak berprinsip, untuk apa capek-capek ke Bali pake kereta dan kapal pesiar, kan tinggal ikut sewa travel aja. Tapi menyewa travel akan melanggar prinsip bagi seorang backpacker. Jadi mereka biasanya setia pada pasangannya. Berbahagialah yang memiliki pasangan seorang backpacker. 

Bagaimana? Keren kan kelebihan para backpacker ini? Minat jadi seorang backpacker? Mulailah dari sekarang, jadi backpacker juga bisa sukses dan menghasilkan uang kok. banyak juga para backpacker yang jadi kaya raya karena buku-buku yang mereka tulis. So, selamat berbackpacking!
Tag : Karir
0 Komentar untuk "Kelebihan Yang Dimiliki Seorang Backpacker"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top