Lebih Dari Sekedar Tips

Kenali Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Tips Mo - Kulit adalah bagian terluar dari tubuh kita, dan kulit juga mempunyai banyak sekali fungsi, diantara banyak kegunaan kulit, fungsi yang paling utama adalah sebagai pelindung terluar dari tubuh kita. Selain itu juga kulit berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh, biar kita nggak ngerasa kepanasan banget atau kedinginan banget ketika cuaca sedang ekstrim.

Kenali Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit
Nah, karena kulit adalah bagian terluar dari tubuh, maka kulit adalah bagian yang pertama dilihat orang atau paling mudah dilihat orang lain. Terutama kulit wajah. Yup! Kulit wajah adalah bagian paling riskan, sebab bagian kulit yang paling terbuka dan bagian kulit yang sensitif, sebab ketahanan kulit wajah dengan kulit tubuh berbeda. Maka dari itu, kita harus ekstra dalam merawat kulit wajah, terutama bagi para ladies yang sering merasa risih atau panik ketika ada masalah pada kulit wajahnya.

Kulit wajah juga bagian paling pertama yang terkena dampak buruk dari luar, seperti: sengatan sinar matahari, lembabnya udara karena cuaca dingin atau polusi disekitar kita. Gangguan dari luar ini dapat merusak kesehatan kulit wajah kita dan dapat menimbulkan masalah-masalah pada kulit wajah, seperti kulit bersisik, berjerawat, pecah-pecah, kering, mengelupas, kusam, hitam, berminyak dan lain-lain. So, kita, khususnya para ladies yang ingin selalu terlihat cantik dan segar harus merawat kulit wajah dengan baik, agar kulit wajah sehat dan terawat.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat bukanlah hal yang sulit dan mahal. Tentu saja asalkan kita tahu bagaimana cara merawat kulit wajah dan menjaganya. Tapi, sebelum kita melakukan perawatan pada kulit wajah, terlebih dahulu kita harus mengenal jenis kulit wajah yang kita miliki. Kenapa? Agar kita tidak salah menggunakan produk kecantikan atau tidak salah dalam melakukan perawatan terhadap kulit wajah, kalau salah melakukan perawatan pada kulit wajah, tentu tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan, malah bisa jadi timbul masalah baru ketika melakukan perwatan, wah.. jangan sampe dech!

Jadi jelas, sebelum melakukan perawatan pada kulit wajah kita harus mengenalinya terlebih dahulu. Lalu nanti kita tahu apa yang harus kita lakukan pada kulit wajah kita. well, yuk kita kenali jenis kulit wajah kita lewat penjelasan berikut ini:

1. Kulit Normal

Ini lho, kondisi kulit wajah dimana tidak kelebihan minyak namun tidak juga kering. Apabila wajah selesai dibersihkan, maka kulit wajah yang normal akan terlihat lembab, bersih, segar, kenyal dan lembut. Kulit wajah jenis ini adalah jenis kulit yang paling mudah untuk dirawat, karena emang udah bagus dari sononya. Cukup sering cuci muka dengan air bersih saja, mudahkan merawat kulit jenis ini?

2. Kulit Berminyak

Kondisi ini terjadi jika kulit wajah mengalami kelebihan minyak. Ciri yang paling kelihatan adalah wajah senantiasa mengkilap, pori-pori besar, dan jerawatan. Jika wajah menggunakan make up maka akan mudah luntur lantaran minyak pada wajah yang berlebih dan membuat wajah mengkilap. Pada jenis kulit wajah berminyak ini, kelebihan minya terjadi disemua area wajah, baik T-zone (jidat dan hidung), pipi, dahi, dan dagu. Jika wajah sudah dibersihkan dengan air, dalam waktu tidak terlalu lama akan muncul kembali minyaknya. Wajah seperti ini ada baiknya selalu dibersihkan dengan air hangat sebelum tidur dan hindari pembersih muka yang mengandung scrub.

3. Kulit Kering

Ini keadaan dimana kulit wajah mengalami kehilangan kelembabannya. Ciri khas dari kulit ini adalah senantiasa kering, kencang dan cenderung keriput, kusam dan terlihat lebih tua. Jika kondisi keringnya kulit wajah sudah terlalu parah bisa sampai terlihat keriputannya dan bersisik. Jika sudah dibersihkan dan diberi pelembab, kulit pun mudah kering lagi. Perawatan sederhana untuk kulit jenis ini adalah olesi kulit wajah dengan minyak zaitun ketika sudah dibersihkan sebelum tidur, biarkan semalaman dan cucilah wajah dengan air hangat keesokan harinya. Minyak zaitun akan mengembalikan kelembaban kulit yang telah hilang. Lalukan berulang-ulang setiap malam.

4. Kulit Kombinasi

Tidak hanya roti yang bisa punya istilah ‘kombinasi’, ternyata kulit wajah juga! Yup, ini adalah kondisi dimana kulit wajah memiliki dua area yang memiliki jenis berbeda, yakni berminyak dan kering, tapi bukan kulit normal. Misalnya, di T-zone (area dahi dan hidung) berminyak dan daerah pipi cenderung kering. Perawatan kulit wajah kombinasi ini cukup repot, karena memang harus menyeimbangkan dua jenis kulit dalam satu perawatan. Nah lho! Tapi tidak usah takut, kita bisa menggunakan cara perawatan kulit kering dan berminyak. Caranya, sebelum tidur bersihkanlah wajah dengan air hangat, kemudian olesi minyak zaitun pada area wajah yang kering, diamkan semalaman dan keesokan harinya bersihkan kembali wajah dengan air hangat.

5. Kulit Sensitif

Nah, kalau ini adalah keadaan dimana kulit sensitive terhadap berbagai kemungkinan, misalnya: polusi, kosmetik dan perubahan cuaca. Ciri yang paling Nampak pada kulit sensitif adalah kulit yang berbintik kemerahan, pedih, gatal bahkan bisa jadi mengelupas. Perawatan untuk kulit wajah jenis ini juga harus ekstra dan lebih dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter kulit atau konsultan kecantikan. Cara yang paling aman adalah hindari pemakaian berbagai macam kosmetik sebelum adanya anjuran dari dokter atau konsultan kecantikan, dan cukup bersihkan muka dengan air bersih setiap harinya.

Bagaimana Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit? Punya kulit wajah yang cantik, sehat, segar dan terawat itu nggak perlu ribet ternyata. Asalkan kita sudah mengenali jenis kulit wajah kita sendiri.

Gambar : foxandjanesalon.com
Tag : Kecantikan
0 Komentar untuk "Kenali Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top