Lebih Dari Sekedar Tips

Tips Memilih Mukena Yang Cantik

Tips Memilih Mukena Yang Cantik - Shalat adalah salah satu ibadah dalam agama Islam. Satu tahun sekali ada ibadah shalat sunnah yang mana dilakukan selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan. Biasanya, jika sudah mulai menghadapi bulan Ramadhan, para wanita akan mulai berburu mukena untuk dipakai ketika tarawih. Hal ini dilakukan agar lebih bersemangat dalam melaksanakan ibadah tersebut. Yup, memasuki bulan baru, rutinitas baru, mukena baru dan pastinya jadi semangat yang baru!

Nah, karena sebentar lagi umat muslim akan memasuki bulan Ramadhan. Maka, tema bahasan kita kali ini adalah mengupas tuntas tentang mukena. Jaman dulu mukena selalu dibuat sama, yakni berwarna putih polos atau sedikit berenda pada ujungnya, itu pun biasanya renda atau warna benang bordiran yang digunakan kebanyakan berwarna putih atau warna lain tapi tidak mencolok, seperti warna baby pink atau biru muda.

Namun, seiring perkembangan jaman, mukena kini tampil dengan berbagai model dan corak, sehingga tampil lebih berwarna, unik dan menarik. Hadirnya mukena dengan variasi yang berbeda ini memang sempat menimbulkan perbedaan pendapat pada sebagian ulama, ada yang menyatakan boleh, ada pula yang melarangnya karena dianggap bid’ah. Namun, menurut Ustadz Mu’inuddinillah Bashri MA, shalat itu tidak wajib menggunakan mukena, sehingga bukan masalah seperti apa model atau pun warnanya, karena tidak ada dalil yang melarang dan menyunahkannya. Tapi, jika ingin melakukan shalat menggunakan mukena, usahakan mukena yang dipakai tidak yang bisa menimbulkan fitnah, iri, dan kesenjangan sosial dengan para jama’ah lainnya.

Tips Memilih Mukena Yang Cantik

Tips Memilih Mukena Yang Cantik


Nah, bagi para muslimah yang ingin membeli dan memilih mukena cantik serta unik, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • 1. Mukena adalah salah satu alat pelengkap dalam shalat, fungsinya adalah untu menutup aurat ketika shalat. Jadi mukena seperti apa pun gak masalah, asalkan fungsinya tetap terjalankan.
  • 2. Salah satu syarat sah shalat adalah tertutupnya aurat. So, mukena itu sebisa mungkin haruslah yang menutup keseluruhan aurat dari tubuh pemakainya. Jangan hanya karena modelnya yang bagus atau unik, tapi tidak mampu menutup aurat. Mukena seperti ini lebih baik jangan dipakai untuk shalat.
  • 3. Pilihlah mukena yang tidak tembus pandang ketika dipakai. Jadi, hindari memakai atau membeli mukena yang terbuat dari bahan tipis dan tembus pandang. Jika memang sudah terlanjur membeli atau memiliki mukena seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan memberikan bahan tambahan yang melapisi bagian dalamnya, sehingga mukena tidak lagi tembus pandang.
  • 4. Pilihlah mukena yang terbuat dari bahan yang nyaman ketika dikenakan. Jangan hanya karena tertarik pada modelnya yang uni, sehingga melupakan kenyamanan ketika dipakai. Sebagai referensi, pilihlah mukena yang terbuat dari bahan seperti: katun, parasut dan sutera.
  • 5. Pilihlah mukena yang tidak terlalu mencolok dan menarik perhatian, karena khawatir dapat menimbulkan fitnah dan membuat kesenjangan dengan jama’ah lainnya ketika melaksanakan shalat berjama’ah.
  • 6. Jika ingin mengenakan mukena yang unik, carilah ide kreatif atau mukena yang memperlihatkan unsur kreatif yang diaplikasikan pada mukena tersebut, sehingga terlihat lebih unik dan cantik. Seperti mukena yang diberi hiasan batik, rajutan, bunga-bunga, sulam, border, pita dan lain-lain. Asalkan tidak memberikan hiasan yang tidak sepantasnya, seperti gambar tengkorak dan sejenisnya.

Bagaimana? Sudah punya gambaran tentang mukena yang cantik dan unik? Jadi, mukena itu tidak harus selalu monoton lho,… nah, selamat berburu mukena cantik dan unik!!
Tag : Fashion
1 Komentar untuk "Tips Memilih Mukena Yang Cantik"

Mukenanya cantik-cantik, siap-siap tambah koleksi nih mukena

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top