Lebih Dari Sekedar Tips

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder - Minder atau masalah tidak percaya diri merupakan masalah yang paling mendasar dalam kepribadian seseorang dan pasti pernah dialami oleh setiap orang. Orang yang merasa minder akan berpengaruh pada setiap aspek kehidupannya (baca : akibat minder dan tidak percaya diri), baik secara pribadi maupun dalam lingkungan sosial. Minder bisa terjadi karena banyak hal, misalnya, karena krisis identitas dalam dirinya, hilangnya kontrol diri, depresi, trauma masa lalu, maupun pandangan suram terhadap masa depannya.

Orang yang merasa minder adalah tipikal orang yang bermental lemah. Orang yang merasa minder akan merasa selalu tidak aman dalam hidupnya, selalu gelisah, cemas dan merasa khawatir yang berlebih ketika menghadapi sebuah situasi atau masalah dalam hidupnya. Akibat dari pribadinya yang minder, ia akan cenderung bergantung pada orang lain, tidak mandiri dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan salam sebuah permasalahan. Kerja otak orang yang selalu minder juga akan terganggu, sebab merasa lemah dan tidak mampu memikirkan hal-hal besar yang bermanfaat untuk dirinya, orang lain dan kehidupannya.

Orang yang merasa minder dalam hidupnya akan sulit untuk berkembang, sebab akan selalu terhambat oleh pikiran lemah dan negatif tentang dirinya sendiri. Sebenarnya hal ini terjadi karena orang yang minder tidak pernah melihat sisi lebih dalam dirinya atau nilai positif yang dia miliki. Orang dengan kondisi seperti ini harus memiliki teman yang mampu mengingatkan bahwa setiap kekurang pasti ada kelebihan, dan menyadarkan bahwa dia memiliki sisi positif dan kelebihan yang dapat dibanggakan.

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder

Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder


Setiap orang yang merasa minder pasti akan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. Nah, kondisi ini akan membuat dia semakin terpuruk karena melihat kelebihan orang yang tidak dia miliki atau karena dia merasa lemah sehingga tidak mampu seperti orang lain. Sikap seperti inilah yang mestinya dibuang agar rasa minder yang ada dalam dirinya terkikis sedikit demi sedikit. Sehingga dia dapat menjadi dirinya sendiri tanpa harus tersiksa dengan tuntutan-tuntutan menjadi seperti orang lain.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi rasa minder, yuk kita simak!

  • 1. Sadari dan yakini betul bahwa Tuhan menciptakan manusia dengan kelebihannya masing-masing. Jadi, berhentilah membandingkan diri dengan orang lain. 
  • 2. Pahamilah sifat dunia yang serba sementara, segala yang dibanggakan di dunia adalah sesuatu yang akan musnah nantinya.
  • 3. Carilah sebab-sebab yang membuat diri merasa minder, lalu atasi atau cari solusinya satu persatu.
  • 4. Usahakan untuk mengatasi kelemahan yang membuat diri menjadi minder.
  • 5. Yakinilah bahwa di dunia ini setiap kelemahan pasti ada kelebihan dan setiap kelebihan pasti ada kekurangan. So, no body perfect in the world. Mulailah cari atau asah kelebihanmu, sekarang! 
  • 6. Ikuti perkembangan berita yang terjadi secara aktual, agar bisa beradaptasi dengan semua perubahan yang ada. Minimal supaya nggak gaptek ketika ngobrol bersama teman-teman di lingkunganmu.
  • 7. Usahakan untuk memperluas pergaulan dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, agar dapat menambah daftar teman-temanmu, dan carilah teman yang bisa memberikan pengaruh positif dan membuat kamu menjadi lebih baik lagi.
  • 8. Kuatkan hati, buatlah prinsip dalam dirimu sendiri agar tidak terbawa arus pergaulan dan lingkungan yang negatif, yang dapat membuatmu terjerumus pada dunia kelam.
Nah, semoga Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder ini bisa bermanfaat dan membuatmu menjadi lebih percaya diri. Good luck!
Tag : Karir
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Tidak Percaya Diri Dan Minder"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top