Lebih Dari Sekedar Tips

Tips Mempererat Silaturahim Di Sebelum Ramadhan

Silaturahim adalah sesuatu yang penting bagi umat Islam. Yang mana makna kata ‘silaturahim’ itu sendiri kurang lebih adalah menyambungkan atau menjalin hubungan kekerabatan. Nah, dengan demikian jelas bahwa silaturahim akan membuat kita membuat interaksi sosial kita semakin luas. Bagi yang tadinya belum kenal menjadi kenal, yang tadinya jauh jadi dekat kembali, yang sudah dekat menjadi semakin akrab.

Kegiatan bersilaturahim juga membawa dampak positif dan memberikan banyak sekali manfaat bagi para pelaku silaturahim itu sendiri. Salah satunya adalah membawa rezeki bagi orang yang bersilaturahim. Misalnya, dalam keadaan kantong kering kerontang kita belum makan dari pagi hingga siang, padahal waktu sudah menunjukkan waktu istirahat dan jam makan siang. Namun, apa daya kondisi kantong memaksa kita tidak berdaya untuk membeli apa-apa. Tapi, ternyata pada hari itu ada rekan kerja yang sedang berulang tahun dan teman satu kantor di traktir makan siang gratis tis tis…!! Wuiihh,.. seneng banget pastinya, sebab kita tidak perlu mendengarkan demo para cacing dalam perut lagi. Coba bayangkan kalau kita memiliki 30 teman dengan tanggal lahir yang berbeda-beda tiap harinya. Waaahhh makan siang gratis selama satu bulan penuh tuh (ngarep!).

Apa yang di ceritakan diatas bisa dikatakan rezeki lho, sebab yang namanya rezeki bukan hanya sebatas nominal uang yang kita terima, tapi bisa dalam berbagai bentuk, seperti: menerima kebaikan orang lain, kesehatan, usia, keselamatan, kebahagiaan, dan lain-lain. Menggiurkan bukan? Itu baru satu manfaat dari silaturahim lho… padahal masih banyaaaakk banget manfaat yang lebih menggiurkan lainnya. Eitz, tapi saat ini kita bukan ingin membahas tentang manfaat silaturahimnya, melainkan kita akan membahas tentang tips mempererat silaturahim di bulan Ramadhan. Secara, sebentar lagi kan Ramadhan. Bulan yang suci, dimana kita harus memperbaiki diri dan bulan yang selalu dinanti oleh semua umat Islam.

Tips Mempererat Silaturahim Di Sebelum Ramadhan

Tips Mempererat Silaturahim Di Sebelum Ramadhan


So, buat yang sudah tergiur dengan manfaat silaturahim, rasanya tidak ada salahnya jika mengikuti beberapa tips berikut ini:

1. Kunjungi rumah kerabat atau teman dekat

Ini yang paling utama, main ke rumah saudara atau teman yang memang dekat. Agar silaturahim tetap terjalin bahkan semakin erat. Jangan karena teknologi sudah canggih sehingga membuat kita enggan berkunjung, sebab apa-apa bisa dilakukan secepat kilat melalui teknologi yang super canggih. Padahal, serunya adalah moment kunjungan ini bisa jadi ajang berburu makanan sebelum Ramadhan, coba dech.. yakin pasti seru! Dan yang paling pasti adalah yakin bakalan kekenyangan :D

2. Hubungi semua nomor kontak yang kamu punya

Tips yang pertama adalah mulailah menghubungi semua nomor kontak dalam ponselmu atau semua nomor kontak orang-orang yang kamu kenal yang kamu punya. Baik orang dari masa lalu, masa sekarang mau pun masa depan (bagian terakhir ini pengecualian, jika kamu punya mesin waktu). Bermasalah dengan pulsa? Tenaaaangg, provider kita baik-baik kok. biasanya menjelang Ramadhan mereka akan berlomba-lomba, bersaing mengkampanyekan promo dari layanan kartu mereka. Pasti subur gratisan. Nah, gratisan inilah kita mamfaatkan untuk menghubungi mereka-mereka yang terpisahkan jarak dan tertelan oleh waktu. Baik via SMS atau pun telpon (asal jangan SMS Mama minta pulsa ke orang lain!).

3. Jalin silaturahim melalui sosmed

Dalam dunia yang sudah memasuki teknologi canggih masa kini, sosial media atau istilah kerennya sosmed adalah salah satu alternatif yang bisa membantu kita mempererat silaturahim. Jadikan sosmed sebagai sarana mempererat silaturahim seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Yang tadinya nggak kenal jadi kenal, yang tadinya jauh jadi dekat, yang sudah dekat biar jadi lebih akrab. Bukan seperti yang terjadi sekarang ini, orang-orang yang dekat disekeliling kita jadi jauh dan yang jauuuuhh jadi tiba-tiba dekat. Hal seperti itu yang mesti dirubah, dan moment Ramadhan ini adalah saat yang tepat untuk memulai perubahan.

Kalau ada yang masih bingung, terus mesti ngomong apa? Ya, cukup bilang sebelum Ramadhan tiba, bulan yang suci yang penuh berkah itu kalian merasa bahwa kalian juga harus dalam kondisi ‘suci’, seperti biasa, ucapkan permohonan maaf agar puasa kalian terasa lebih ringan dan lebih afdhol jika sudah tidak ada keluh kesah di dada siapa pun. Jangan lupa ucapkan selamat memasuki bulan Ramadhan. Sesuatu hal yang sepele kelihatannya tapi besar manfaatnya, sebab kita bisa menjalin dan mempererat silaturahim.

Nah, selamat mencoba dan selamat menyambut Ramadhan!!
Tag : Hubungan
0 Komentar untuk "Tips Mempererat Silaturahim Di Sebelum Ramadhan"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top