Lebih Dari Sekedar Tips

Mengenal Penyebab Kanker Payudara

Mengenal Penyebab Kanker Payudara - Kanker payudara adalah penyakit yang ditandai oleh adanya pertumbuhan sel abnormal dari payudara yang tumbuh cepat, dimulai dari sistem saluran kelenjar susu, kemudian tumbuh menyusup ke bagian lain melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening, akibatnya akan dapat menyerang seluruh bagian tubuh (mestasis).

Kanker payudara merupakan termasuk salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh kaum wanita, sebab penyakit ini dapat menjadi momok terbesar bagi seorang wanita. Dimana payudara adalah hal anggota tubuh yang sangat berharga bagi kaum wanita. Akhir-akhir ini jumlah penderita kanker payudara semakin hari semakin meningkat. Jumlah kematian yang diakibatkan penyakit yang satu ini pun semakin banyak. Selain itu, banyak pula para wanita yang sembuh namun harus kehilangan payudaranya, sebab payudara yang sudah terjangkit sel kanker harus diangkat agar tidak merambat pada bagian tubuh lainnya.

Semakin meningkatnya jumlah penderita kanker payudara, namun pengetahuan tentang penyebab kanker payudara masih banyak tidak diketahui oleh para wanita. Nah, berikut ini akan dijelaskan penyebab kanker payudara yang sangat berbahaya tersebut, inilah penyebabnya:

Mengenal Penyebab Kanker Payudara

Penyebab Kanker Payudara


1. Penyakit turunan

Dalam istilah kedokteran ada yang dikenal sebagai penyakit turunan, dimana pasien yang menderita kanker payudara tersebut memiliki riwayat anggota keluarganya juga ada yang mengidap penyakit yang sama sebelumnya. Ini lebih diakibatkan faktor genetic atau bawaan, sebab ikatan darah yang menurunkan gen pembawa sel kanker pada keturunannya.

2. Gangguan hormon esterogen

Ini diakibatkan adanya gangguan terhadap pertumbuhan atau produksi hormon etserogen dalam tubuh. Tanda-tanda bisa dikenali dari terlambatnya menopause dan periode menstruasi yang lama. Esterogen adalah hormon yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan payudara dan organ yang berhubungan dengan kehamilan. Kelebihan hormon esterogen ini dapat memicu pembentukkan sel kanker pada payudara.

3. Pola makan

Pola makan juga dapat mempengaruhi kadar hormon esterogen yang menjadi penyebab utama kanker payudara. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat meningkatkan kadar esterogen dalam tubuh wanita, cara mengetahuinya adalah dengan terjadinya obesitas. Maka, lebih baik pola makan mulai dijaga dengan banyak mengkonsumsi makanan rendah lemak.

4. Sedikitnya mengkonsumsi phytoestrogen

Phytoestrogen adalah hormon esterogen yang terdapat dalam tumbuhan seperti kacang kedelai, gandum, buah dan sayur-sayuran. Orang yang sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung phytoestrogen dapat meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Sebab phytoestrogen dapat menurunkan jumlah produksi hormon esterogen dalam tubuh wanita, walau pun phytoestrogen adalah jenis hormon yang sama dengan esterogen, namun phytoestrogen tidak disimpan dalam tubuh, melainkan langsung dibakar dalam tubuh menjadi energi.

5. Berat badan

Wanita yang mengalami obesitas setelah masa menopause beresiko tinggi terkena kanker payudara. Sebab ketika menopause rahim wanita berhenti memproduksi hormon esterogen, namun hal itu akan digantikan oleh lemak yang menumpuk dalam tubuh sebagai sumber pembentuk hormon esterogen. Jika terlalu banyak lemak yang menumpuk, maka akan banyak pula hormon esterogen yang diproduksi. Sehingga resiko terkena kanker payudara juga sangat tinggi. 

Itulah hal-hal yang menyebabkan kanker payudara pada wanita, semoga dengan bertambahnya pengetahuan dari artikel ini, membuat para wanita semakin waspada terhadap kanker payudara. Semoga bermanfaat!
0 Komentar untuk "Mengenal Penyebab Kanker Payudara"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top