Lebih Dari Sekedar Tips

Cara Menghilangkan Komedo Dan Mencegahnya Datang Lagi

Cara Menghilangkan Komedo - Memiliki bintik-bintik hitam atau putih kecil dan sedikit menonjol di area hidung dan dagu? Yup! Itulah yang disebut dengan komedo. Sangat menjengkelkan memang, apalagi bagi kaum wanita yang selalu ingin tampil cantik. Komedo pada dasarnya adalah sebuah jerawat kecil terbuka yang membuat pori-pori melebar, lalu teroksidasi udara yang kemudian merubah warnanya menjadi hitam atau gelap.

Berbagai macam cara dilakukan, baik dengan kosmetik, obat, dan perawatan lainnya. Namun, hindarilah memencet atau menekan komedo tersebut, sebab dapat mengakibatkan infeksi dan membuat jaringan parut pada kulit wajah karena pecahnya kapiler kecil dengan sengaja. Biasanya, kulit yang berminyak lebih rentan memiliki banyak komedo.

Cara Menghilangkan Komedo


Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya komedo pada wajah, dan ini diantaranya:

Penyebab Komedo :

1. Makanan berminyak

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak dapat mengakibatkan munculnya komedo di wajah. Hal ini dikarenakan kandungan minyak tersebut dapat memicu tingkat produksi minyak berlebih pada kulit wajah yang dapat menyumbat pori-pori kulit, lalu memaksa pori-pori kulit melebar akibat sumbatan tersebut. sehingga komedo mudah muncul pada wajah. Selain makanan berminyak, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat berlebih juga dapat memicu komedo.

2. Tidur tanpa membersihkan wajah

Tidur tanpa mencuci muka berarti membiarkan kotoran menempel pada wajah selama tidur. Lebih bahaya lagi jika menggunakan make up tebal dan tidak dibersihkan dahulu. Maka, kedua hal tersebut telah membiarkan kotoran yang menempel pada wajah selama tidur menyumbat pori-pori kulit, sehingga pori-pori terpaksa melebar karena sumbatan dan menjadi lahan bagi komedo untuk berdiam diri disana.

3. Alkohol dan kafein

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan kafein memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk untuk kulit wajah. Kafein dan alkohol ternyata dapat menstimulasi kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih pada kulit wajah. Selain itu alkohol dan kafein juga dapat mempengaruhi pola tidur yang juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah. Jika anda menjadi orang yang suka begadang, maka anda akan membuat kulit wajah aktif pada malam hari dan memicu produksi minyak berlebih pada wajah. Akhirnya komedo dengan mudah pula muncul pada wajah, terutama pada daerah T, sekitar pelipis, hidung dan dagu.

4. Rokok

Ternyata rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan paru-paru dan jantung, tapi rokok juga merusak kesehatan kulit. Terutama kulit wajah yang memiliki sensifitas lebih dari kulit daerah lainnya pada tubuh. Menurut banyak para ahli kesehatan kulit, asap rokok mengandung partikel-partikel halus dari abu sisa pembakaran rokok serta bahan berbahaya lainnya yang terkandung dalam rokok. Jika asap rokok menyentuh wajah, maka partikel halus yang terbawa asap rokok tersebut akan masuk ke pori-pori kulit wajah dan mengendap serta menumpuk disana, lalu menyumbat pori-pori kulit, sehingga pori-pori akan melebar dan tentu saja komedo akan muncul disana. Selain itu rokok juga dapat merusak sel kulit yang sehat sehingga membuat keriput lebih cepat muncul dari yang seharunya.

Komedo adalah kotoran yang menumpuk pada lubang pori-pori yang melebar, biasanya ini dialami banyak orang yang memiliki jenis kulit wajah berminyak. Karena produksi minyak berlebih pada wajah dapat menyumbat lubang pori-pori dan kotoran akan menumpuk karena lubang pori-pori melebar. Komedo sama seperti jerawat sangat mengganggu penampilan wajah, umumnya orang-orang akan merasa risih jika terdapat komedo di wajah mereka, khususnya bagi para perempuan.

Ada banyak cara untuk menghilangkan komedo, terapi menggunakan kosmetik atau dengan cara menggunakan bahan-bahan herbal. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menghilangkan komedo pada wajah, selain itu perawatan ini juga bisa dilakukan untuk mencegah komedo muncul pada wajah. Yuk simak!

Cara Menghilangkan dan Mencegah Komedo :

Cara Menghilangkan Komedo Dan Mencegahnya



1. Jeruk lemon

Selain segar untuk dijadikan minuman, jeruk lemon juga dapat menyegarkan kembali kulit wajah dan menghilangkan komedo. Caranya dengan menggunakan air perasan jeruk lemon yang dioleskan pada wajah sebelum tidur, lalu tunggu hingga air perasan jeruk limo meresap ke kulit wajah semalaman. Setelah itu, basuh wajah dengan air bersih dipagi harinya. Sifat asam yang dimiliki jeruk lemon dapat mengurangi minyak berlebih di area komedo pada wajah dan dapat membantu menghilangkan komedo yang membandel. 

2. Garam

Sediakan air hangat yang sudah dicampur dengan garam, lalu gunakanlah untuk mencuci muka. Garam akan mengikat minyak pada wajah, sehingga mengurangi produksi minya berlebih dan komedo akan menghilang.

3. Es batu

Terapi menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan menggunakan es batu, caranya dengan mengoleskan es batu pada wajah sekitar 10 menit. Es batu dapat membantu pori-pori mengecil sehingga kotoran tidak akan menumpuk para lubang pori-pori dan komedo tidak akan muncul.

4. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk rambut tapi bermanfaat pula untuk kulit wajah. Lidah buaya dapat mengurangi komedo pada wajah, caranya dengan mengoleskan lendir lidah buaya pada area wajah, lalu biarkan hingga mengering. Setelah itu basuhlah dengan air bersih. Lidah buaya dapat menghaluskan kulit wajah dan mempercepat proses penyembuhan sel kulit wajah. Hasilnya kulit wajah akan jauh lebih segar dan bebas dari komedo.

5. Pasta gigi

Pasta gigi mengandung enzim yang baik untuk kulit wajah, sebab dapat mengurangi pembengkakan pada kulit wajah akibat pori-pori yang melebar. Pilih pasta gigi yang berwarna putih (berbentuk pasta) bukan yang berbentuk jel atau bening. Caranya, oleskan pasta gigi pada daerah yang terdapat banyak komedo, lalu biarkan hingga mengering. Setelah itu basuh dengan air bersih.

6. Air putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit wajah. Banyak minum air putih dapat membantu tubuh untuk membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit halus bercahaya. Jadi, dengan meminum air putih anda telah melakukan terapi perawatan bagi kulit wajah anda, secara sadar atau pun tidak.

7. Putih telur

Caranya sediakan putih telur dari 1 butir telur utuh yang telah dipisahkan dengan kuning telurnya, campurkan dengan 1 sendok teh madu murni. Oleskan pada wajah seperti menggunakan masker, lalu tunggu hingga putih telur mengering pada wajah kurang lebih 20 – 30 menit lamanya. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Itulah perawatan alami yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo dan mencegah komedo pada wajah. Mudah bukan? Selamat mencoba!
1 Komentar untuk "Cara Menghilangkan Komedo Dan Mencegahnya Datang Lagi"

Mau cari Tray Makanan yang dapat mengatasi minyak dan air? Coba kunjungi link ini : http://kask.us/hRTlN

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top