Lebih Dari Sekedar Tips

Akibat Dari Minder dan Tidak Percaya Diri

Tips Mo - Akibat Dari Minder dan Tidak Percaya Diri - Minder atau sifat rendah diri adalah salah satu sifat manusia yang negatif. Sifat minder ini bisa jadi berbahaya dalam pembentukkan diri seseorang, ibarat penyakit yang akan menggerogoti hidupnya. Lho?! Sebegitunyakah…? Iya, bener, suer dech!! Kenapa coba? Karena seseorang akan terlalu menganggap dirinya lebih rendah dari orang lain atau lebih buruk dari orang lain. Padahal, semestinya kekurangan yang ada pada diri seseorang itu tidak untuk dijadikan beban tetapi justru bisa jadi kelebihan yang haru mereka optimalkan. Jadi, kalau ada orang masih minder di zaman sekarang, aduuuhhh udah nggak musimnya. Kapan mau maju kalau masih minder terus?


Akibat Dari Minder dan Tidak Percaya Diri
Kalau kamu nggak mau kemajuan dalam hidup kamu terhambat, maka janganlah minder. Ayo semangat! Masih banyak kok orang yang lebih banyak memiliki kekurangan daripada kita, tapi mereka mampu mengoptimalkan kelebihan mereka diantara kekurangan-kekurangannya. Mestinya, yang minder-minder itu malu dengan orang-orang seperti ini. Orang-orang minder juga nggak selalu terlihat dengan jelas lho, bahwa mereka minder. Ada beberapa orang yang terkena penyakit minder tapi mereka menutupinya dengan cara ‘bersandiwara’. Aiiihh sinetron banget!

Nah, sebagai masukan buat kamu-kamu, sebenarnya seperti apa sih, indikasi atau ciri-ciri orang yang terkena penyakit minder itu? Berikut inilah beberapa indikasinya:

1. Rendah diri

Orang-orang seperti ini biasanya menarik diri dari lingkungan, merasa bahwa dirinya lebih buruk atau lebih rendah daripada orang lain. Jauuuhh dilubuk hatinya yang paling dalam, orang yang merasa rendah diri punya pemikiran bahwa orang jau lebih baik darinya adalah orang yang sering mendapatkan pujian dari orang lain. Sehingga, orang-orang dengan rasa rendah diri merasa dirinya lebih buruk atau lebih rendah karena tidak ada yang memuji kelebihan yang ada pada dirinya. Hal buruknya adalah jika orang dengan rasa rendah diri berfikir bahwa nilai plus itu ditunjukkan dengan pujian dari orang lain, maka dia akan berusaha untuk mendapatkan pujian dari orang lain dengan berbagai macam cara, bahkan hingga ia gila pujian dari orang lain.

2. Tidak percaya diri

Jelas sekali orang seperti ini akan mengalami minder dalam hidupnya, dia akan merasa dirinya selalu kurang disbanding orang lain. Sehingga potensi yang dia miliki tidak bisa digunakan, dimanfaatkan, apalagi berkembang, nggak mungkin banget! Padahal kalau saja dia punya rasa percaya diri dalam dirinya tentu potensi yang dimilikinya akan lebih bermanfaat dengan baik dan bisa saja sukses dalam bidang yang ditekuninya. Tapi karena nggak ‘Pede’, ya… potensi yang seharunya bisa menjadikan dia orang sukses malah terkubur selamanya, yang akhirnya hanya menjadi bakat terpendam dan nggak pernah muncul kepermukaan. Sayang banget kan?

3. Kurang bisa mengoreksi

Kalau udah punya rasa minder yang tertanam dalam diri kita, jangankan untuk mengoreksi orang lain, untuk mengoreksi diri sendiri aja udah nggak mampu. Alasannya, karena kita sudah menganggap diri kita terlalu rendah dihadapan orang-orang sekeliling kita, jadi biarlah… begini selamanya. Nggak sukses-sukses kalau kayak gini caranya.

4. Tidak bersyukur

Inilah keadaan yang paling buruk yang akan menempel saat kondisi seseorang sudah dalam keadaan minder. Orang minder akan lebih banyak mengeluhkan kekurangannya daripada kelebihannya, padahal masih banyak orang yang lebih kekurangan daripada dia.

Orang-orang yang mengalami minder, sebenarnya dalam keadaan rugi karena mereka sedang menutupi kemampuannya sendiri atau ogah mencari dimana kelebihan dalam dirinya. Orang seperti ini akan sulit menuju kesuksesan, sebab bagaimana mau sukses? Belum apa-apa saja dia sudah menilai dirinya dengan hal yang buruk-buruk.

So, jika sekarang kamu merasa minder, itu tandanya sedang ada masalah dalam diri kamu. Tentu kamu harus segera sadar dan meng-upgrade diri kamu agar jadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya dan menemukan apa sih kelebihan kamu. Jangan sampai terlarut dan terjebak dalam perasaan minder yang menghambat hidup kamu, yang pada akhirnya menutupi kemampuan atau kelebihan yang kamu miliki.
Tag : Karir
0 Komentar untuk "Akibat Dari Minder dan Tidak Percaya Diri"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top