Lebih Dari Sekedar Tips

Cara Percantik Penampilan Dengan Kreasi Flanel

Tips Mo - Para ladies pasti sangat memperhatikan penampilan, apalagi mau berpergian. Mulai dari make up, pakaian, sampai aksesoris. Ya, kadang kita bingung mau tampil unik dan gak biasa dengan menggunakan aksesoris tapi gak punya warna sendiri atau gak cocok sama model-modelnya yang ada dipasaran. Nah, kalau mau nggak pasaran modelnya atau unik, mendingan buat kreasi sendiri. Misalnya seperti yang akan bahas ini. Membuat kreasi aksesoris dari flanel.

Udah pada tahu kan, apa itu flanel? Flanel atau disebut juga kain felt adalah salah satu bahan kerajinan tangan yang banyak digunakan. Karena warna-warnanya yang cerah, flanel dapat dikreasikan menjadi berbagai macam pernak-pernik yang super imut atau aksesoris yang unik abisss! Pada awalnya, seni menjahit kain flanel ini dari negeri Sakura yang memang memiliki segudang kebudayaan unik. Yup! Berawal dari Jepang kemudian berkembang ke negara-negara lain, salah satunya sampai di Indonesia.

Untuk menghasilkan kreasi flanel yang cantik, dibutuhkan imajinasi dan ketekunan. Kita dapat membuat karya seni yang bernilai tinggi hanya dengan bahan yang sederhana dari tangan kita sendiri. Apalgi jahit menjahit itu kan kerjaannya para ladies banget nih, pasti bisa dong…!!

Kreasi yang sering dibuat dari kain flanel antara lain: boneka, gantungan kunci, gantungan hp, hp pouch (sarung hp), bros atau pin, dompet koin, hiasan pintu kamar, hiasan mobil, sampai tiruan kue tart dan lain-lain. Desainnya pun bisa disesuaikan selera, misalnya: bentuk hewan-hewan, bintang, huruf, buah-buahan, tokoh kartun dan masih banyak lagi. Pokoknya sesuai kreasi kamu dan imajinasi kamu dech!

O ya, para ladies bisa cari kain flanel ditoko yang menjual alat-alat pembuat aksesoris, kisaran harganya sekitar Rp.2.500/lembar atau Rp.20.000/meter tapi harga bergantung harga pasaran di daerah masing-masing sih. Untuk desainnya ladies bisa cari referensi lewat buku-buku atau browsing di internet.

Berikut contoh cara membuat kreasi flanel. Kali ini kita buat bros atau pin flanel yang paling simpel tapi tetap unik.

Bahan:

1. Kain flanel 2 dua warna atau lebih
2. Lem UHU
3. Gunting
4. Peniti
5. Jarum jahit
6. Benang

Cara membuat:

Cara Percantik Penampilan Dengan Kreasi Flanel


1. Gunting kain flanel dengan bentuk seperti angka delapan
2. Gunting kain flanel (warna yang berbeda dengan kain flanel yang pertama) dengan bentuk bulat kecil-kecil sebanyak 6 bulatan dan 1 guntingan kain flanel dengan bentuk kecil memanjang (kurang lebih 2 cm)
3. Kerut bagian tengah kain flanel yang berbentuk angka delapan, kemudian ikat kerutan dengan kain flanel yang berbentuk kecil memanjang tadi. Lem bagian belakangnya agar tidak terlepas.
4. Tempelkan flanel berbentuk bulat-bulat kecil tadi diatas kain flanel yang berbentuk angka delapan sehingga membentuk pola polkadot.
5. Tempelkan peniti pada bagian belakang kain flanel yang sudah jadi, jahit dengan jarum dan benang jahit.
6. Bros atau pin flanel kita siap diaplikasikan J

Nah, bagaimana? Simpel banget kan? Membuat kreasi dari kain flanel ini bisa jadi hobi yang menyenangkan lho! Bisa juga membuat kreasi flanel untuk mempercantik baju atau rok yang ada, sebagai aksesoris pada bando, jepit rambut, tali rambut, pin pada jilbab, gelang, kalung, dan lain-lain. Keren kaaaan? Selain itu, kita juga bisa mendapat kepuasan tersendiri kalau bisa memakai sesautu hasil dari kreasi dan imajinasi kita sendiri. Bakal beda deh, penampilan kita sama yang lain, cuma karena sesuatu yang kecil tapi unik. Selamat mencoba ladies!
Tag : Fashion
0 Komentar untuk "Cara Percantik Penampilan Dengan Kreasi Flanel"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top