Lebih Dari Sekedar Tips

Inilah Cara Memakai Dasi Untuk Laki Laki

Tips Mo - Dasi adalah aksesori yang dipakai pada kerah kemeja, menjulur panjang melawati dada hingga pusar. Tapi, itu jika dasinya berjenis panjang, sebab ada juga dasi yang tidak menjulur panjang seperti dasi kupu-kupu. Namun, penggunaan dasi panjang lebih sering diprioritaskan ketimbang dasi kupu-kupu. Dasi biasanya digunakan dalam acara formal atau ketika seseorang diharuskan berpenampilan formal. Dasi juga menjadi aksesori pakaian laki-laki, walau pun sebenarnya perempuan juga bisa menggunakannya. Nah, karena dasi adalah salah satu aksesori pakaian laki-laki, maka… para kaum adam wajib tahu nih, tentang dasi.

Dasi mungkin hanya aksesori penunjang dalam pakaian laki-laki, namun bukan berarti ini tidak menjadi prioritas, sebab beberapa situasi justru mewajibkan menggunakan dasi bagi laki-laki. Sebuah dasi dapat memberikan sense tersendiri bagi yang menggunakannya. Selain itu dasi juga dapat menjadi elemen yang dapat menggabungkan pakaian yang kamu kenakan dengan elemen yang lain. Contohnya, ketika kamu menggunakan kemeja berwarna biru, celana panjang hitam, sabuk berwarna hitam, sepatu hitam, tapi kamu hanya mempunyai arloji berwarna perak, maka dasi berwarna silver bergaris hitam dapat menjadi elemen penggabung antara jam tangan yang kamu kenakan dengan penampilan keseluruhanmu. Gimana? Jadi matching kan?!

Hal yang perlu diperhatikan dari sebuah dasi adalah keseimbangan antara lebar dasi dengan lebar kerah jas dan kerah kemeja, warna dasi yang digunakan, panjang dasi dan menggunakan simpul yang sesuai dengan penampilan kamu. Mau tahu apa saja yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan dasi?, yuk disimak!

1. Panjang dasi

Berapa pun tinggi badan kamu, panjang sebuah dasi atau ujung dasi yang dikenakan harus jatuh tepat didepan sabuk celana kamu. Enggak kurang dan enggak lebih! Diusahakan pas!

2. Lebar dasi

Lebar sebuah dasi mempengaruhi penampilan kamu, makanya pilih yang sesuai. Jika kamu ingin terlihat lebih segar, muda dan badan terlihat lebih ramping, gunakan dasi yang tidak lebar dan tidak terlalu kecil, atau dasi dengan ukuran 2 sampai 2,6 inchi. Dasi dengan bentuk lebar lebih dari itu, akan membuat kamu seperti bapak-bapak pejabat pemerintahan. Dasi yang berbentuk ramping cocok dipadu padankan dengan berbagai jenis model jas modern dan cocok untuk pekerja kantoran muda atau untuk menghadiri acara yang santai, seperti acara makan malam, pertemuan dengan klien, pernikahan dan lain-lain.

3. Jenis dasi

Jenis dasi sebenarnya tergantung pada selera kamu dalam memilih warna, motif atau bahan. Namun, nggak ada salahnya jika kamu memperhatikan beberapa hal yang akan dijelaskan, mungkin bisa jadi referensi buat kamu.

  • Dasi berbahan Wool, dasi ini agak tebal sehingga cocok jika digunakan dengan jas yang tebal dan berkerah lebar
  • Dasi berwarna hitam polos, ini adalah dasi yang wajib dimiliki para laki-laki. Dasi ini cocok untuk acara formal maupun nonformal. Jika ingin tampil kasual, dasi ini dapat dipakai dengan sebuah jaket.
  • Dasi motif polkadot, dasi ini memiliki motif titik-titik bulat, namun pilihlah yang motifnya kecil-kecil agar terlihat lebih segar dan tidak terkesan ramai.
  • Dasi motif logo, dasi ini sebenarnya tidak hanya logo, bisa saja kartun, lambing-lambang atau gambar apapun. Ini bisa kamu gunakan jika ingin tampil unik dan berani.
  • Dasi Repp, dasi ini memiliki motif garis-garis, baik diagonal maupun horizontal. Dasi ini cocok jika kamu ingin berpenampilan serius dan usahakan untuk menggunakan dasi ini dengan kemeja polos, agar tidak terlihat ramai.

4. Klip dasi

Banyak laki-laki yang salah menggunakan klip dasi atau penjepit dasi, mereka sering menggunakan klip dasi terlalu atas atau terlalu bawah. Agar tidak salah lagi dalam meletakkan klip dasi, maka jepitkan klip diantara kancing ketiga atau keempat pada kemeja yang kamu gunakan. Jang hanya menyelipkan klip pada lidah dasi depan dan belakang saja, tapi kaitkan juga pada ujung kemeja, agar tetap rapi pada tempatnya. Jangan gunakan klip yang lebih lebar atau lebih besar daripada dasi yang kamu gunakan, sebaiknya pilihlah klip dasi yan kecil dan ramping.

5. Simpul dasi

Bagi yang tidak terbiasa mungkin akan terasa membingungkan bagaimana cara mengikat dasi panjang. Bagi yang sudah sering menggunakan dasi pun terkadang masih tidak rapi dalam mengikat dasinya, sehingga bentuk simpulnya terlalu besar atau membuat kerutan yang tidak rapi pada simpul. Sekarang coba perhatikan cara membuat simpul ikatan dasi yang benar dibawah ini:

Cara Memakai Dasi Untuk Laki Laki


Sangat jelaskan, jadi buat para laki-laki sekarang gak usah khawatir salah lagi memilih dan menggunakan dasi. Dijamin penampilan kamu nggak malu-maluin!

Berikut ini video cara memakai dasi dengan baik dan benar untuk kamu :



Tag : Fashion
0 Komentar untuk "Inilah Cara Memakai Dasi Untuk Laki Laki"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top