Lebih Dari Sekedar Tips

Khasiat Dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

Tips Mo - Khasiat Dan Manfaat Daun Alpukat - Tahu dong Alpukat? Pasti tahu, Alpukat adalah salah satu buah yang lezat, berwarna hijau, walau pun rasanya agak sedikit hambar. Struktur buahnya lembut dan akan lebih nikmat apabila dicampurkan dengan es dan sirup atau diblender sekalian. Buah ini juga sering jadi salah satu komponen penting dalam dunia es buah, sop buah dan es campur. Wah… enak pokoknya!

Khasiat Dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan


Alpukat sebenarnya tidak hanya buahnya saja yang bisa dikonsumsi, biji dan daun Alpukat juga bisa dikonsumsi sebagai obat yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Nah, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang khasiat daun Alpukat yang sudah banyak dipercaya banyak orang dari dahulu kala.

Alpukat yang memiliki nama latin Persea Gratissina Gaerin ini, pohonnya berbatang keras seperti pohon mangga dan memiliki daun hijau yang warnanya tidak beda jauh seperti warna kulit buah Alpukat itu sendiri. Khasiat yang terkandung dalam daun Alpukat adalah sebagai diuretik, anti bakteri, mampu memperlancar air seni, mampu mengobati penyakit batu ginjal, mengobati sakit pada perut, sakit pinggang dan hipertensi.

Daun Alpukat memiliki kandungan senyawa kimia yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Adapun senyawa kimia tersebut adalah:

1. Flavonoid, senyawa kimia ini berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun Alpukat menjadi cara efektif mencegah gejala dan penyakit kanker. Berikut manfaat Flavonoid bagi tubuh: sebagai pelindung struktur sel dalam tubuh, obat anti-inflamasi, membantu penyerapan vitamin C dalam tubuh secara sempurna, Anti-biotik, mencegah osteoporosis, meningkatkan sistem imun tubuh, mengobati berbagai macam penyakit.

2. Querstin, senyawa kimia ini merupakan senyawa kelompok flavonol terbesar. Senyawa ini dipercaya mampu melindungi tubuh dari serangan jenis penyakit degenerative, yakni dengan mencegah proses peroksidasi lemak. Rasa pahit pada daun Alpukat bersifat diuretik dan memperlambat pertumbuhan beberapa bakteri. Kandungan Querstin pada daun Alpukat ini membuat daunnya bermanfaat mengatasi tekanan darah tinggi, sakit kepala, nyeri lambung, nyeri syaraf dan juga menstruasi yang tidak teratur serta bengkak saluran pernapasan.

3. Polifenol, senyawa kimia ini merupakan kelompok zat kimia dalam kelompok anti-oksidan dimana secara alami memang terdapat pada sayuran-sayuran, kulit buah dan kacang-kacangan. Zat kimia ini berfungsi sebagai pelindung dari radikal bebas dengan cara mengikatnya.

Nah, sudah jelaskan kandungan kimia dalam daun Alpukat yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Sebagai referensi pengobatan, berikut ini ramuan untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan menggunakan daun Alpukat:

  • Pilih daun Alpukat yang bagus, yang tidak bolong-bolong atau tidak ada bintik cokelat atau hitam pada daunnya.
  • Ambil 7 helai daun Alpukat segar dan sudah dibersihkan dengan air bersih, usahakan jangan menggunakan sabun untuk membersihkan.
  • Rebus dengan air 110 ml.
  • Rebus hingga jumlah air tinggal setengah dari jumlah yang digunakan untuk merebus.
  • Minum 2 kali sehari, pagi dan sore hari.
  • Air daun Alpukat ini bisa juga digunakan sebagai cairan infusan jika orang yang di obati tidak mampu meminumnya.
Apabila anda mengalami sakit atau disentri, ada baiknya mencoba ramuan yang satu ini:
  • 5 gram daun Alpukat segar
  • 5 gram akar temu kunci segar
  • 6 gram akar kunyit segar
  • ½ gram rasuk angin
  • 6 gram daun pegagan segar
  • 115 ml air
  • Direbus hingga air yang digunakan setengahnya
  • Minum air rebusan tadi 1 kali sehari
  • Apabila orang yang diobati tidak dapat meminumnya, maka gunakan sebagai infusan.
Selamat mencoba dan salam sehat! . Inilah Khasiat Dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Khasiat Dan Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top