Lebih Dari Sekedar Tips

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh - Banyak sekali orang sering mengabaikan sarapan di pagi hari. Khususnya, orang Indonesia, banyak sekali yang tidak terbiasa dengan sarapan pagi. Alasannya tidak terlalu jauh dari belum lapar, masih terlalu pagi untuk makan, tidak terbiasa sarapan karena justru akan sakit perut jika memasukkan makanan pagi-pagi, dan malas untuk sarapan.

Padahal tubuh kita memerlukan energi yang cukup setiap hari. Apakah kalian selalu sarapan pagi? Jika tidak, yuk mulai dari sekarang biasakan sarapan setiap pagi, karena sarapan dipagi hari banyak memberikan manfaatnya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang terjadi pada tubuh kita, jika kita selalu sarapan pagi:

Manfaat Sarapan Bagi Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh


1. Memberikan energi lebih

Tubuh kita tentu memerlukan energi yang cukup bahkan lebih untuk menjalankan aktivitas dari pagi hari hingga waktu siang atau hingga jam makan siang nanti. Energi yang di dapat tubuh dari sarapan pagi tadi akan menjadi modal awal kita untuk memulai aktifitas di pagi hari. Hal ini akan membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

2. Menyegarkan otak

Otak juga butuh mendapat asupan nutrisi dari makanan dipagi hari, yakni melalui sarapan pagi, sehingga otak dapat akan bekerja secara maksimal, berpikir lebih baik dan cepat tanggap atau merespon stimulus yang datang. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi kita.

3. Mencegah penyakit Maag

Sarapan pagi tentu membuat lambung terisi makanan dari pagi hari sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama dan sering dibiarkan kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag. Jika maag sudah menyerang, maka kita tidak dapat menjalankan aktivitas yang baik.

4. Membantu perkembangan anak

Bagi anak usia sekolah, maka konsentrasi belajar, kemampuan berpikir, daya ingat, dapat meningkat jauh lebih baik jika sudah mengonsumsi sarapan pada pagi hari sebelum berangkat ke sekolah. Anak pun jadi lebih mudah memahami dan menyerap pelajaran yang didapatnya dan kebutuhan nutrisi untuk perkembangan dan pertumbuhan anak turut terpenuhi dengan baik. Sehingga pertumbuhan dan perkembangan tubuh anak-anak akan menjadi maksimal.

5. Menyehatkan tubuh

Sarapan pagi akan membuat tubuh terhindar dari penyakit kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme tubuh, sehingga produksi enzim dalam tubuh yang meningkatkan kadar kolestrol akan berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bisa mengecilkan lingkar pinggang seseorang hingga 5 cm. luar biasa kan?! Dan Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, yakni porsi sarapan itu hendaknya tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu jalannya aktivitas karena kekenyangan dan kantuk akibat terlalu banyak asupan makanan dalam perut.

6. Menghindari makan tak terkontrol

Sarapan pagi akan menghindarkan kita dari rasa lapar yang berlebih. Jika kita tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar yang mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak sekali camilan. Dari camilan-camilan inilah yang dapat menyebabkan kegemukan pada tubuh.

Jadi, sarapan pagi itu penting! So, mulai sekarang biasakanlah sarapan secara rutin. Agar tubuh kita lebih sehat. Semoga Bermanfaat Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh!
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Sarapan Bagi Kesehatan Tubuh"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top