Lebih Dari Sekedar Tips

Tips Membersihkan Sepatu Sesuai Tipenya

Tips Membersihkan Sepatu Sesuai Tipenya - Hampir semua orang pasti punya sepatu dan hampir semua orang membersihkan sepatu dengan cara yang sama, yakni mencucinya dengan air. Membasahi sepatu dengan air, menggosoknya dengan sikat dan menggunakan sabun cuci, lalu membilasnya dengan air lagi hingga tidak satu pun sisa sabun tertinggal. Begitu bukan? Yah, memang seperti sudah menjadi tradisi mencuci seperti itu.

Padahal, kenyataannya ada beberapa tipe sepatu yang tidak boleh dicuci atau rentan terhadap air dan sabun cuci, karena bahannya yang sensitif. Mungkin inilah kenapa banyak sepatu yang kita miliki cepat sekali rusak atau bahannya menjadi lebih pudar warnanya. Yup! Ternyata semuanya adalah karena ketikdaktahuan kita terhadap cara membersihkan sepatu.

Tips Membersihkan Sepatu 

Untuk itu, kali ini akan dijelaskan beberapa cara membersihkan sepatu sesuai tipenya, silahkan disimak!

1. Suede Shoes

Suede Shoes


Untuk sepatu dengan tipe Suede Shoes, cara membersihkannya adalah dengan cara menyikat sepatu menggunakan Suede Shoes (sikat khusus untuk sepatu ini) dan Suede Shoes Foaming Cleaner sebagai pengganti sabun. Cukup disikat saja ke satu arah, jadi nggak boleh ngacak-ngacak nyikat sepatunya, kalo keatas ya keatas aja terus. Setelah disikat, cukup digantung untuk diangin-anginkan biar nggak bau sepatunya.

2. Rubber Shoes

Rubber Shoes


Untuk membersihkan sepatu dengan tipe Rubber Shoes ini, kamu memerlukan 2 lap kain bersih, sabun, dan sikat cuci. Caranya bersihkan terlebih dahulu kotoran-kotoran yang nampak jelas dan mudah dibersihkan dengan lap kain basah. Kemudian beri sabun pada lap kain basah tadi lalu gosok perlahan pada setiap bagian sepatu. Lalu gosok perlahan menggunakan sikat cuci dan bilaslah dengan air hingga tidak ada sisa sabun yang tertinggal. Setelah itu lap dengan lap kain kering lalu keringkan dengan cara dijemur agar tidak bau.

3. Canvas Shoes

Canvas Shoes

Sepatu Canvas memang jenis sepatu paling banyak digunakan karena sederhana dan praktis, dan inilah cara membersihkan sepatu Canvas. Sediakan 2 lap kain bersih, deterjen dengan tingkatan sedang atau mid deterjen, sikat gigi, dan ember. Gunakan lap kain basah untuk menghilangkan noda yang terlihat dan mudah dibersihkan, lalu campurkan air dan deterjen yang telah disediakan, celupkan sepatu ke dalam air yang telah dicampur deterjen lalu sikat dengan sikat gigi untuk membersihkan noda yang belum hilang atau sulit sibersihkan. Bilas dengan air bersih jika sudah selesai, lalu lap lah dengan lap kain kering dan keringkan dengan car dijemur agar tidak bau.

4. Leather Shoes

Leather Shoes

Cara membersihkan sepatu dengan tipe Leather Shoes ini sedikit lebih mahal daripada sepatu lainnya, sebab sepatu tipe ini biasanya terbuat dari kulit sintetis, sehingga butuh perawatan lebih. Alat yang dibutuhkan adalah Leather Cleaner, Bleach Pen, Goop Waterless Hand Cleaner, dan Semir sepatu. Cara membersihkannya adalah lap dengan kain yang sudah sedikit dibasahi lalu gunakan Leather Cleaner untuk membersihkan noda-noda yang mudah dihilangkan, lalu lap dengan kain kering kemudian angin-anginkan agar tidak bau. Jika sepatu tersebut berwarna putih, maka gunakan Bleach Pen setelah membersihkan agar warnanya tetap terlihat cerah. Jika terdapa noda membandel pada sepatu yang sulit dihilangkan, maka gunakan Goop Waterless Hand Cleaner untuk membersihkannya. Yang terakhir, untuk perawatan agar sepatu tetap terlihat bersih, gunakan semir sepatu sesuai warna sepatunya.

Tips Membersihkan Sepatu Sesuai Tipenya

Demikianlah cara membersihkan sepatu sesuai tipe sepatunya. Semoga dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat. Mungkin anda juga tertarik untuk mengetahui macam macam sepatu.
Tag : Fashion
0 Komentar untuk "Tips Membersihkan Sepatu Sesuai Tipenya"

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi.
Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Terimakasih telah berkunjung di blog saya.

Back To Top